Resep Sop Daging Sapi Bening Jakarta Gurih dan Lezat - olahandagingsapi

Resep Sop Daging Sapi Bening Jakarta Gurih dan Lezat

Sop Daging Sapi Bening Jakarta - Tak hanya kerak telor, kota Jakarta sebagai ibukota negara pun memiliki macam kuliner khas lain. Soto Betawi adalah salah satunya, namun para pecinta kuliner mungkin ada yang belum tahu bahwa Jakarta pun memiliki menu Sop. Ya, sop Jakarta memang menjadi salah satu menu kuliner yang kota metropolitan ini yang mampu menggugah selera makan para penikmatnya. Sop Khas Jakarta sendiri ada dua varian yaitu yang menggunakan susu dan ada yang dengan kuah bening. Untuk bahan dagingnya pun ada beberapa macam yaitu daging ayam, daging kambing dan daging sapi.

Sop Daging Sapi Bening Jakarta,resep sup,sapi betawi,daging sapi royco,sop daging,daging sapi,sajian sedap,daging kambing,daging padang,sapi pedas,sup daging,dapur umami,resep olahan,cara memasak,
Baca juga : Resep Olahan Daging Sapi untuk Balita

Sop Khas Jakarta dengan kuah bening memiliki citarasa gurih dan segar. Pas untuk menu penghangat badan pada malam hari. Agar lebih mantap, sop khas Jakarta ini pun dilengkapi cabai rawit rebus sebagai penghasila citarasa pedas. Kebanyakan sop khas Jakarta menggunakan daging sapi dan juga iga sapi. Bila memang tak sempat berkunjung ke warung makan sop Jakarta, tak ada salahnya jika para bunda mencoba membuatnya sendiri di rumah. Sop daging sapi bening Jakarta yang hangat dan menyegarkan bisa dijadikan menu makan malam lezat untuk seluruh anggota keluarga.

Bahan-bahan sop daging sapi bening Jakarta :

- Daging sapi 200 gram
- Buncis 1 genggaman tangan
- Kentang 1 buah
- Kol 1/4 buah
- Wortel 2 buah
- Tomat 1 buah dipotong jadi 6
- Daun bawang 1 tangkai dirajang tipis
- Daun seledri 1 tangkai dirajang tipis

Bumbu-bumbu dihaluskan untuk sop daging sapi bening Jakarta :

- Bawang putih 3 siung
- Bawang merah 2 siung
- Pala serbuk 1/2 sendok teh
- Merica serbuk 1/2 sendok teh

Bumbu-bumbu untuk penguat citarasa :

- Kayu manis 1 ruas
- Cengkeh 3 butir
- Kapulaga 2 biji
- Garam seperlunya

Proses memasak sop daging sapi bening Jakarta :

Mula-mula daging sapi diiris-iris kotak dengan ukuran menurut keinginan. Kemudian rebus sampai empuk lalu buang air rebusannya. Tuangkan air lagi dan panaskan. Bumbu halus ditumis sampai beraroma sedap lalu dimasukkan ke rebusan tadi. Masukkan juga kayu manis, cengkeh, kapulaga dan tambahkan garam. Terakhir masukkan kentang, wortel, buncis dan terakhir kol dan tomat. Panaskan sampai mendidih kemudian masukkan irisan daun bawang dan seledri sesaat sebelum diangkat. Sop daging sapi bening Jakarta siap disajikan.

Menu sop daging sapi bening Jakarta terkenal dengan citarasa kuah yang sangat lezat. Kuah yang mengandung kaldu sapi berpadu dengan bumbu-bumbu rempah memang tak ada duanya. Sebagai menu makan malam di rumah akan membuat ketagihan seluruh anggota keluarga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Buruan di klik gambarnya

Iklan Bawah Artikel

Buruan di klik gambarnya